Mari Berbagi !!!


Sunday 21 March 2010

Persandha XXIII Universitas Sriwijaya

Assalamu’alaikum wr,… wb…

Salam Pramuka

Seharusnya aku membuat postingan ini dari kemaren-kemaren ya,… maklum aja ya qq ge sibuk.

Hari ini aku ingin bercerita sedikit tentang Persandha XXII yang telah dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 7 Maret 2010 yang lalu. Persandha adalah singkatan dari Perkemahan Sandi Yudha. Kegiatan ini dilaksanakan oleh gerakan pramuka gugus depan Palembang 03.135 dan 03.136 Racana Sultan Mahmud Badaruddin Ii dan Putri Rambut Selako Universitas Sriwijaya. Kegiatan ini diselenggarakan untuk pramuka golongan penegak dan berbentuk perlombaan.

Ada yang sedikit berbeda dengan persandha-persandha sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya persandha dilaksanakan dengan cakupan Sumatra Selatan, tapi pada tahun ini Persandha XXIII sudah dilaksanakan dan diikuti oleh Pramuka se Sumatra Bagian Selatan. Diantaranya adalah dari Bengkulu, jambi, dan abngka Belitung. Harapan kami selanjutnya, pada tahun 2010 persandha sudah dapat dilaksanakan untuk pramuka penegak se-Indonesia.

Tentu untuk mencapai targetan yangkami buat, kami membutuhkan dukungan yang kuat dari berbagai pihak terutama dari pihak universitas sendiri, dan pihak lain pada umumnya. Kami berharap pihak universitas dapat melanjutkan pambangunan bumi perkemahan danau pandu sriwijaya karena bumi perkemahan merupakan prasarana yang sangat vital bagi kegiatan-kegiatan kepramukaan.
Selain itu juga perlu adanya peninjauan kembali tentang rencana pengambilalihan Bumi Perkemahan Danau Pandu Sriwijaya menjadi kawasan hutan kota. Universitas sriwijaya sebagai Universitas terluas di Asia Tenggara dengan luas lebih kurang 714ha memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan menjadi hutan kota tanpa harus mengambilalih fungsi bumi perkemahan.

Kembali ke cerita persandha,.
Dalam pelaksanaannya tahun ini persandha tidak banyak terdapat perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Perlombaan-perlombaan yang dilaksanakan antara lain :

1. LTBB
2. Adventure game
3. Lomba cipta karya permaianan kepramukaan
4. Lomba MTQ
5. Lomba kreasi masak dengan bahan dasar wortel
6. Lomba debat bahasa Inggris
7. Lomba asah terampil, dll
8. Ada juga pemilihan putra putrid perandha
9. Penampilan seni dari berbagi daerah, dan banyak lagi

Dengan kegiatan ini kami berharap dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan kepramukaan di Sumatra Bagian Selatan khususnya yang secara tidak langsung memberikan motivasi kepada mereka untuk dapat mengembangkan kegiatan kepramukaan sebagai organisasi pendidikan yang diselenggarakan di luar lingkungan keluarga dan sekolah. Dengan lomba-lomba yang kami laksanakan juga berharap peserta yang ikut menjadi lebih terbuka dalam melihat dunia luar dan sadar bahwa dunia dewasa ini penuh dengan kompetisi. Mereka mampuh menatap jauh ke depan, terus terpacu, dan mendapatkan interest dari kegiatan ini.

Ada sisi lain juga dari Persandha yang sepertinya perlu dan menarik untuk diceritakan.
Setiap tehunnya dalam pelaksanaan Persandha selalu ada fenomena alam gaib (hahah,.. cie,..cie,..). sudah tidak asing lagi pada kegiatan persandha selalu ada saja peserta yang kerasukan Jin (awas jangan disebut setan). Bahkan saya,. Sempat juga melakukan ruqyah dan berkenalan dengan salah satuhnya (hehe,.. namanya Dewi/ semoga dewi ngak baca ya,….). biasanya mereka menyerbu saat malam dan lebih-lebih pada waktu hari hujan. Alas an mereka masuk ked ala tubuh manusia ya…….. klasik sekali.
“para peserta tidak tertib” ada yang kencing sembarangan adahal wc ada, ada yang buang band age (pembalut) sembarangan, ada yang mandi di danau sembarangan.
Ya…. Seharusnya hal in tidak terjadi lagi.

Kan tujuan kegiatan kita ini kan salah satunya untuk melatih kesiplinan. Ya,… tidak ingin emnyalahkan siapa-siapa, hanya harapan kami untuk tahun depan hal-hal seperti ini masih akan terjadi hahaha,…. (just kidding)

Ada juga pengalaman panitia,..(sorry ya teman-teman aku posting ya cerita lucu ini)
Waktu itu malam terakhir, upacara api unggun sudah selesai. Sekitar pukul 3 dini hari, sebagian panitia (sekitar 7) berangkat menuju sanggar Pramuka Unsri yang jaraknya lumayan jauh dari bumi perkemahan. Sesampai di sanggar mereka melakukan acara makan-makan, sambil makan-makan mereka asyik ngobrol dan cerita tentang apa,…. Gitu (pokoknya banyak) termasuk tentang jin. Mereka asyik bercerita. Ada yang nyeletuk,.. tentang jin yang menunggu danau, ada yang nyeletuk tentang jin yang ada di belakang panggung utama kegiatan (sambil bercanda rada-rada ga’ percaya ge toe..)
Celetukkan Terakhir setelah hamper 1 jam(berdasarkan cerita mereka), ada yang bilang.. hei kawan kamu ini tega nian jin belakang panggung tu sampai-sampai kesal karena dari tadi pengen tampil fancy tapi dak kamu panggil-panggil laju dio merajok,.. hahaha,…(mereka tertawa),..

Ada lagi yang nyambung,. “hei,.. kamu jangan cerita-cerita tentang dio gek mun dio ngintip kamu cakmano,.. (masih dengan ketawa ketiwi/ ya,…. Namanya beranda kan)
Inilah klimaksnyo,.. setelah itu mereka sadar bahwa di depan sanggar (kebetulan jendea sanggar itu kaca semua) ada yang ngintip . ya,…. Ada teman kami yang ngintip dari luar,…(sudah kerasukkan) setelah semuanya sadar dan melihat pada teman kami yang ngintip tadi lalu dia masuk,..

Setelah itu langsung ngamuuk,.. (wueah,….. kejang-kejang) lalu marah kepada teman-teman kami,..
“Kalian ini,… ngapo kalian,… (super marah ekspresinyo)
Ngapo lah hebat galo apo,… (kato jin itu)
Idak pak, idak pak,idak pak,..
Kami mintak maaf nian, mintak maaf nian ( sambil tertunduk ketakutan)
Memang salah kami nian,. Kami mintak maaf nyebut-nyebut kamu
(Mereka yang semula banyak cakap kini tidak ada suara lagi, )
Kalu nak mintak maaf kalian kebuperlah sekarang,.. cepatlah ke buper
Awas kalu idak,..(jin)
Iyo pak,. Iyo pak,..
Kami mintak maaf nian,. Tapi kami dak usah lagi ke buper ya,…(panitia)
Makonyo,.. MULUT KAMU ITU,….(marah)
Pokoknyo ke buperlah sekarang,.. awas kalu idak,..
@jin pun keluardari tubuh teman kami itu,. Tinggal teman kami itu masih murung murug saja (maklum klo dari kerasukkan yo,.. cak itu)
Akhirnya,.. panitia-panitia itu ketakutan dan saling ajak untuk mintak maaf ke buper,..

Tapi karena mereka ketakutan mereka tidak jadi ke buper dan sampai pagi terdiam kayak ayam sakit,…

Hahaha,……

Rasakan itu,………. ; D PRIKITIEW,….

1 comment:

Anonymous said...

hahaha,
salam pramuka kakak