Mari Berbagi !!!


Wednesday, 19 May 2010

pengaruh pemberian hadiah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Indralaya

pengaruh metode pemberian hadiah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Indralaya,.

a. latar belakang
Adanya perbedaan motivasi antara siswa “dibutuhkan pengkondisian tertentu agar kita dapat terus termotivasi”
Untuk Melihat keefektifan penggunaan metode pemberian hadiah, sehingga dapat memberikan alternatif solusi bagi guru yang kesulitan untuk membangkitkan motivasi siwa untuk belajar.

b. rumusan masalah
Adakah pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Indralaya?

Seberapa besar pengaruh pemberian hadiah terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Indralaya?

c. tujuan penelitian
Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberian hadiah terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Indralaya?

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian hadiah terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Indralaya?

d. manfaat penelitian
Bagi siswa
diharapkan mendapatkan pengalaman baru dalam proses belajar dan dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa sehingga terpacu untuk terus berlomba lomba menjadi yang terdepan dalam prestasi
Bagi guru
dapat menjadi bahan pemikiran dan masukan bagi guru tentang penggunaan strategi pemberian hadiah (reward) sehingga dapat muncul inovasi-inovasi baru dalam mengajar.
Bagi sekolah
diharapkan menjadi bahan masukan untuk meningkatkan kualitas peserta didik menjadi semakin baik lagi.
Bagi peneliti
diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif


e. tinjauan pustaka

Pengertian Hadiah
Menurut Stevenson 2001 : 71
2. Motivasi berprestasi
2.1 Pengertian Motivasi
- Menurut Lubis 2009 : 19
- Don hellriegel dan John W Slocum dikutip Uno 2008 : 5
- Sumardi Suryabrata 2008 : 101
Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu proses dari suatu produk yang kita amati secara langsung tetapi kita ambil kesimpulan dari perilakunya sebagai pilihan tugas, usaha yang tekun, dan pengungkapan (misalnya “saya benar-benar ingin mengerjakan ini”)

2.2 Pengertian Motivasi Berprestasi
- McClelland dlm (Djaali,2008 : 103)
- Heckhausen dlm (Djaali, 2008 :103)
- Irwanto (2002 : 207)
Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi adalah daya penggerak pada siswa untuk mengusahakan kemajuan dalam belajar dan mengejar taraf prestasi maksimal, demi pengayaan dan penghargaan terhadap diri sendiri




labih lengkapnya dapat menghubungi
contact person or fb aq yah,..
insyaAllah bisa membantu,..