Mari Berbagi !!!


Sunday 17 October 2010

pengaruh penerapan pembelajaran siklus (model siklus belajar) tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Indralaya.

ABSTRAK
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Siklus terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya.
Efran Hadi, 2010: 47 halaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian ekperimen, sehingga variabel penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran siklus dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 192 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa yaitu kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol juga 35 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi pada setiap pertemuan selama tiga kali pertemuan. Teknik analisis data tes berupa mencari rerata hasil tes siswa dan teknik analisis data observasi yang berupa lembar observasi serta uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data tes yang diproleh menunjukkan ada perbedaan mean antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 7,34 atau terjadi peningkatan sebesar 8,94%. Hal ini berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran siklus tehadap hasil belajar siswa. Hasil analisis observasi keaktifan mengalami peningkatan pada kelas eksperimen pada pertemuan 1, 2, dan, 3 yang meliputi keaktifan mental dan emosi, lisan , visual, seta keaktifan gerak. Adapun hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 0,95 persen didapat thitung = 6,393 > ttabel=1,994. Apabila thitung>ttabel Ha diterima, berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran siklus tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Kata kunci : model pembelajaran siklus, hasil belajar.