Mari Berbagi !!!


Sunday 17 October 2010

pengaruh penerapan pembelajaran siklus (model siklus belajar) tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Indralaya.

ABSTRAK
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Siklus terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya.
Efran Hadi, 2010: 47 halaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian ekperimen, sehingga variabel penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran siklus dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 192 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa yaitu kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol juga 35 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi pada setiap pertemuan selama tiga kali pertemuan. Teknik analisis data tes berupa mencari rerata hasil tes siswa dan teknik analisis data observasi yang berupa lembar observasi serta uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data tes yang diproleh menunjukkan ada perbedaan mean antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 7,34 atau terjadi peningkatan sebesar 8,94%. Hal ini berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran siklus tehadap hasil belajar siswa. Hasil analisis observasi keaktifan mengalami peningkatan pada kelas eksperimen pada pertemuan 1, 2, dan, 3 yang meliputi keaktifan mental dan emosi, lisan , visual, seta keaktifan gerak. Adapun hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 0,95 persen didapat thitung = 6,393 > ttabel=1,994. Apabila thitung>ttabel Ha diterima, berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran siklus tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Kata kunci : model pembelajaran siklus, hasil belajar.

11 comments:

Anonymous said...

ko' abstraknya doank ??

Anonymous said...

keren...
tapi isinya mana yach....???

Anonymous said...

langkah2 dalam pembelajarannya bagaiman ya k'?
klo kk pake materi apa??

Anonymous said...

W tertarik dengan penelitian Anda, tapi saya agak kesulitan merancangnya. banyak sekali contoh dari bidang studi IPA tapi sulit sekali menemukan bidang studi IPS.
bantu dunkzz..!!

Admin said...

@1. iyalah abstraknya doank,.
mosok harus semuanya di post.
hehe

@2. isinya,.
kemungkinan di kampus anda ada.
coba main aja ke ruang skripsinya yach,..

@3. langkah2nya coba liat d buku made wena, judul pembelajaran inovatif kontemporer.
selamat mencoba.

@4. iya, rancangannya coba baca bukunya wena yach, bisa juga dikolaborasikan dengan pembelajaran konstruktivisme.
memang mulanya pembelajaran siklus diciptakan untuk pembelajaran IPA, namun pada perkembangannya dapat diterapkan di semua jurusan.

zia said...

judul skripsinya sm dgn judul saya, cm saya kesulitan mencri bukunya...tlg dunk ksh tw buku yg di pakai apa aja selain made wena...klo bisa send dunk skripsinya ke email saya zialeli@ymail.com sebagai pedoman...

Anonymous said...

judul anda sm dgn judul saya,tp saya mengangkan mt pelajaran TI&K, cm saya skrg agak kesulitan mencari bukunya,,selain buku made wena, anda pakai buku apa lagi..tlg dunk send skripsinya ke email saya zialeli@ymail.com sebagai pedoman bg saya...

Admin said...

zia : model suklis belajar erat kautannya dengan konsreuktivisme. jadu berhubung buku yang mengangkat tentang model suklus belajara atau pembelajaran siklus yang saya emukan cuma buku made wena, jadi saya kombinasikan dengan buku pak trianto " tentang model pembelajaran konstruktivisme.
untuk skripsi, sayang sekali tidak bisa saya share karena laprop saya hilang. hikz,...

Anonymous said...

oya bleh tanya ngak,cocok ngak mdel pemblajaran siklus bt pelajaran geografi truz selain buku made wena apalagi buku yang membahas model pembelajaran siklus,kirim ya ke email saya Nopiirawan@yahoo.com

Anonymous said...

mw tannya cocok sm maTA pelajaran geografi,trus selain made wena apalagi buku yang mendukung or yang membahasnya..

Admin said...

iya bisa untuk semua bidang studi, termasuk geografi.
tapi maaf, karna udah lama gak berhubungan dengan skripsi jadi untuk referansi saya sudah tak ingat lagi,. :)
yg pasti, kmren saya temukan banyak buku yg membahas tentang siklus belajar/pembelajaran siklus/learning cycle,dan konstruktivisme,.
selamat mencari ya,.