Mari Berbagi !!!


Tuesday 26 October 2010

strategi pembelajaran kreatif produktif

ABSTRAK

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. (Novita Lestari, 2010:60 halaman)

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Dalam penelitian ini menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang yang berjumlah 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cara Cluster Sampling yang setelah diundi didapat kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai aktivitas siswa selama penerapan strategi pembelajaran kreatif prouktif, sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa setelah penerapan strategi kreatif produktif. Statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah statistik uji-t . Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat nilai t hitung = 2,61 dan t tabel 1,998 (t hitung = 2,61 > t tabel = 1,998) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji korelasi juga menunjukkan adanya pengaruh strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap hasil belajar siswa pada materi uang sebesar 0,23619 = 23,619 %. Dengan demikian,hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Ini berarti 76,381% ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi pemahaman siswa siswa sehingga masih diperlukan strategi-strategi lain yang bisa menunjang siswa dalam memahami materi pelajaran, juga guru yang mengajar harus aktif.. Oleh karena itu, disaran bagi guru agar dapat menerapkan strategi pembelajaran kreatif produktif dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif dan Pemahaman Siswa